Tips Jitu Saat Melakukan Interview Kerja Agar Diterima HRD Perusahaan

Wednesday, April 25, 2018

Tips Saat Interview Kerja 


Interview merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh pihak hrd perusahaan kepada calon karyawan/pelamar yang bertujuan untuk mengetahui kredibilitas para calon. 

Biasanya, hrd akan memberikan beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh para calon pelamar. Dalam pertanyaan tersebut terdapat pertanyaan seputar prestasi, pengalaman serta pengetahuan umum.

Saat ini, setiap perusahaan memiliki standar tersendiri untuk melakukan seleksi terhadap calon karyawannya. Apabila perusahaan itu sudah memiliki kredibiltas yang besar, kemungkinan standar untuk seleksi masuk bagi calon pelamar pun akan tinggi.

Terkadang semua itu, membuat mental serta kepercayaan diri para pelamar menurun. Apalagi saat para calon mendapat panggilan untuk interview. Banyak dari mereka mengalami pressure atau tekanan.

Para calon karyawan biasanya mencemaskan takut tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh hrd perusahaan. Oleh sebab itu, disini kita akan membahas tentang tips agar saat interview kerja berhasil dan diterima oleh perusahaan.

tips interview kerja

Persiapan Saat Interview

Mencari Informasi Perusahaan 

Persiapan interview sangat harus kamu maksimalkan untuk mengetahui beberapa informasi tentang perusahaan yang memanggil kamu. Disini, cobalah untuk mencari tahu tentang gambaran perusahaan, latar belakang perusahaan hingga produk atau jasa yang ditawakan perusahaan.

Informasi tentang perusahaan ini juga dapat menjadi nilai tambah saat kamu interview. Pasalnya, hrd perusahaan akan bertanya seputar perusahaan. Apabila seperti itu, tentu saja kamu akan dengan mudah untuk menjawabnya bukan.

Percaya Diri

Kepercayaan diri merupakan modal paling utama untuk menghadapi proses interview. Apabila kamu tidak mempunyai satu ini, kamu akan kesulitan untuk bekerja. Karena kepercayaan diri merupakan modal utama bagi seorang pelamar.

Kamu mungkin tahu, bahwa apabila seseorang yang memiliki wawasan luas tapi tidak mempunyai kepercayaan diri, ia tidak akan bisa kemana-kemana, berbeda dengan orang yang sedikit memiliki ilmu tapi mempunyai kepercayaan diri yang tinggi. Ia tentunya bisa pergi kemana saja.

Jadi, kamu harus percaya diri saat menghadapai interview. Pihak hrd pun akan menyukai calon karyawan yang memiliki kepercayaan diri.

Berpakaian Rapih

Apabila kamu akan menghadiri interview, diprioritaskan memakai pakaian yang bersih dan rapih. Ini bertujuan memberikan kesan bahwa kamu telah siap untuk bekerja dengan perusahaan. Saat ini, pakaian yang biasa dipakai saat interview ialah putih hitam.

Penampilan juga menjadi salah satu yang harus diperhatikan. Karena itu merupakan hal yang pertama dilihat oleh hrd perusahaan sebelum melakukan interview.

Tepat Waktu

Dalam proses interview, tentunya kamu mendapatkan jadwalnya bukan. Pada dasarnya pihak hrd memberikan jadwal interview paling sebentar 3 hari setelah kamu mengirimkan lamaran ke perusahaan.

Disana pastinya akan tertera waktu untuk interview. Biasanya sekitar jam 9 atau 10 pagi. Nah, apabila kamu ingin menghadirinya, lebih disarankan 15 menit atau 20 menit sebelum waktu yang ditentukan kamu sudah berada ditempat.

Itu menunjukkan bahwa kamu siap dan bertanggung jawab.

Sopan

Sikap sopan harus selalu kamu lakukan disetiap kehidupan. Karena akan membawa kelancaran dalam setiap kegiatan yang akan kamu lakukan, salah satunya saat interview. Bersikap sopanlah kepada semua pegawai karyawan. Saat bertemu satpam perusahaan yang kamu lamar, berilah ia sapaan serta senyuman.

Semua berawal dari pintu masuk, hingga kamu masuk keruangan interview bersama hrd nanti. Bersikaplah ramah, berbicaralah dengan nada yang sopan. Hrd akan sangat menyukai calon karyawan seperti itu.

hal yang tidak boleh dilakukan saat interview

Hal yang tidak boleh kamu lakukan saat interview

Menyombongkan Diri

Jangan pernah berprilaku tidak baik diahadapan hrd perusahaan, seperti menyombongkan diri. Untuk konteks pengalaman boleh saja, asalkan, apabila hrd yang menanyakan hal tersebut. Sikap sombong akan membuat suasana interview kamu menjadi horror.

Membicarakan Kelemahan Kamu

Tentunya setiap manusia memiliki kelemahan. Itu tidak bisa dipungkiri, karena semua orang dilahirkan dengan memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda-beda. Akan tetapi, saat kamu sedang interview, usahakan jangan pernah membukakan kelemahan kamu.

Disini kamu tidak perlu untuk berbohong, hanya saja, kamu harus menutupi kelemahan kamu, dengan cara lain selain berbohong. Karena kenapa? apabila kamu mengumbarkan kelemahan kamu, itu akan membuat nilai kredibilitas kamu turun dihadapan hrd perusahaan.

Tidak Tepat Waktu

Ketepatan waktu merupakan hal penting bagi para calon pelamar dalam menghadiri interview. Pasalnya banyak sekali calon pelamar yang ngaret atau terlambat saat menghadirinya. Ini akan mengakibatkan bahwa kamu tidak bertanggung jawab dan serius untuk bekerja.

Gugup 

Jangan pernah memperlihatkan sikap gugup. Ya, memang sih, untuk pelamar baru perasaan gugup itu pasti muncul, akan tetapi, berusahalah untuk menutupinya. Tutuplah rasa gugupmu dengan kepercayaan diri kamu.

Gugup dapat membuatmu kesulitan untuk berinteraksi dengan hrd nantinya, sehingga pihak hrd akan menganggap kamu tidak memiliki kredibilitas sebagai karyawan di perusahaannya.

Kesimpulan
Interview memang sangat menegangkan. Tapi cobalah untuk rileks, karena itu tidak ada bedanya dengan berbicang dengan orang lain. Hanya saja suasananya yang membuat tegang. Percaya diri akan kemampuan yang kamu miliki.

Jangan pernah menganggap bahwa kamu tidak pantas, karena itu akan membuat nilai jual kamu menjadi turun dihadapan hrd. Apabila belum diterima di perusahaan yang kamu inginkan, janganlah bersedih, karena Allah tahu apa yang terbaik buat kamu. tetaplah berusaha dan bersabar. 

Saya hanya seorang yang baru menyukai dunia blogging serta jurnalis.



sentiment_satisfied Emoticon